SEMOGA BERMANFAAT...!!!. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon


MAKNA SHOLAT KHUSYU`

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : ILMU TASAWUF
Dosen Pengampu : Drs. Moh Afif


 










Disusun oleh:
Ahmad Rois                  : 107 046
Khoirul Annas              : 107 047
Zuniatul Hafidhoh       : 107 048

 
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN TARBIYAH/PAI
2010

MAKNA SHOLAT KHUSYUK

  1. PENDAHULUAN

Realitas yang ada, Indonesia merupakan Negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Namun kebanyakan dari mereka melalaikan sholatnya. Sebagaian dari mereka tidak pernah melakukannya kecuali satu tahun dua kali ( Idul adha dan Idul fitri ), untuk tingkatan selanjutnya mereka mau melaksanakan kewajiban sholatnya, namun masih banyak yang bolong-bolong atau sekedar sekenanya. Selanjutnya adalah muslim yang sudah melaksanakan sholat dengan tepat lima waktu namun dalam menjalani ibadahnya ini dianggap sebagai rutinitas tanpa memperhatikan hakikatnya.
Mengingat pentingnya ibadah ini bagi kaum mu’min, karena merupakan pertemuan seorang hamba denagan Rabb-nya, sehingga senantiasa syetan memfokuskan tenaga dan kekuatannya untuk menghancurkan kekhusyukan seorang hamba dalam Sholatnya sehingga yang terjadi dalam ibadah ini adalah hanya sekedar beberapa ucapan dan gerakan.
Urgensi dari sholat sendiri adalah merupakan sebuah hubungan antara seorang hamba dengan Rabb-nya. Seharusnya di dalam Sholat segala kesibukan dunia terputus dan seluruh konsentrasinya tertuju pada-Nya. Namun manusia sangat beragam dalam menjalankan ibadah ini. Diantara mereka ada yang shalatnya dapat menambah kedekatannya kepada Allah, dan sebagaian lainnya shalat tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap dirinya dan yang dilakukannya hanyalah sekedar gerakan-gerakan dengan bacaan tasbih dan dzikir tanpa adanya konsentrasi dan tidak menghadirkan hati dalam setiap ucapannya.
Adapun sholat yang diharapkan dalam Islam adalah tidak semata-mata berupa perkataan yang diucapkan lisan dan gerakan yang dilakukan anggota badan. Namun didalamnya ditekankan untuk merenungi dengan fikiran dan kekhusyukan dalam hati. Untuk itu dalam makalah ini marilah kita bersama-sama mempelajari bagaimana pelaksanaan sholat yang khusyuk agar sholat tersebut dapat mendekatkan kita kepada-Nya.

  1. RUMUSAN MASALAH.
1.      Apakah Sholat Khusyuk Itu ?
2.      Apa Nilai Penting dan Dasar Kewajiban Khusyuk Dalam Shalat ?
3.      Bagaimana Cara Meraih Kekhusyukan Dalam Sholat ?

  1. PEMBAHASAN
1.      Pengertian sholat khusyu`
Sebelum membahas pengertian sholat khusu`, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu sholat dan apa itu khusu`.
a. Sholat
Pengertian sholat dalam bahasa adalah berdo`a, ia di disebut do`a karena sebagian pelaksanaan sholat adalah do`a. Dengan kata lain sholat mempunyai arti mengagungkan yang merupakan salah satu bentuk ibadah yang mengagungkan Allah SWT dan mensucikan-Nya. Sedangkan menurut syara` shalat adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
Sholat merupakan ibadah yang penting karena ibadah inilah yang akan di hisab terlebih dahulu dari amal-amal yang lain. Adapun pengertian Sholat sendiri menurut bahasa adalah doa. Sedangkan secara istilah Sholat adalah beberapa ucapan dan beberapa perbuatan khusus yang diwali dengan dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Hukumnya fardhu ‘ain dan dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam dan dianggap kufur orang yang meninggalkannya.[1]


b. khusyu`
Adapun makna khusyuk menurut bahasa adalah berasal dari kata khasya`a –yakhsya`u-khusyuu`an, dan ikhtasya`a dan takhasyasya`a yang artinya memusatkan penglihatan ada bumi dan memejamkan mata atau meringankan suara. Arti kusyu` itu lebih dekat dekat dengan khudu` yaitu tunduk, dan takhasysyu` yaitu membuat diri dengan khusyu`. Tempat khusyu` sendiri adalah di hati seseorang. Jika hati seseorang khusyu` maka anggota tubuh yang  lain akan khuyu` pula karena hati adalah pimpinan anggota tubuh.[2]
Menurut A. Syafi’I dalam bukunya “Sholat Yang Khusyu’” Pengertian khusyu` diartikan sebagai menyengaja, ikhlas dan tunduk lahir dan batin dengan menyempurnakan keindahan bentuk atau sikap lahirnya, serta memenuhinya dengan kehadiran hati, kesadaran dan pengertia ( penta’firan ) segala ucapan dan bentuk / sikap lahir itu.[3]
Sedangkan yang dimaksud sholat khusyu` adalah Hadirnya pikiran dalam perkataan dan perbuatan orang yang sedang melakukan pekerjaan sholat, mengetahui haknya Dzat yang ada dihadapannya dan dengan siapa ia bermunajat. Kemudian itu berlanjut hingga dapat menjadikan hatinya merendah dan tunduk sebagai pengakuan terhadap Dzat tersebut. Dari sanalah muncul thuma’ninah dan ketenagan anggota badan. Dikatakan pula bahwa khusyuk adalah kelemah lembutan, ketenangan, ketundukan dan kerendahan hati. Jika hati mempunyai rasa takut, niscaya seluruh anggota badan akan ikut menjadi khusyuk.[4]
Dalam pengertian ini sesuai dengan apa yang dicontohkan imam Kurdi dalam kitabnya tanwirul Qulub dalam mencontohkan praktik kekhusyukan dalam Sholat yakni perkataan beliau” jika engkau sedang mendatangi sholat, maka hilangkanlah dari hatimu sesuatu yang mengingatkan keduniaan dan menghadirkan hati terhadap apa yang engkau baca”.  Dari sini para Ulama’ sepakat mengatakan bahwasannya amal sholat tidak akan dicatat kecuali dengan kesadaran akal. Adapun jika dilakukan dengan lupanya hati, maka Sholat tersebut meskipun dihukumi sah dhahirmya, maka Sholat tersebut batal menurut Allah.. [5]

2.      Nilai Penting dan Dasar Hukum Khusyuk Dalam sholat.
Khusyu merupakan ibadah yang hakiki. Khusu’ sendiri adalah roh dari sholat. Dari sini perlu dipertanyakan hukum khusyu’ dalam Sholat. Dalam al-Qur`an Allah SWT berfirman : ‘Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat.  Dan sesungguhnya shalat itu berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.  (Yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menjumpai Rabb mereka dan sesungguhnya mereka akan kembali kepada-Nya.  (Q.S. al-Baqarah [2] : 45 – 46)
 Hukum khusyuk dalam Sholat menurut imam Kurdi adalah sunnah Muakkad, dan pendapat ini di kuatkan dengan argument imam As-Sauri yang mengatakan bahwasannya barang siapa tidak khusyuk dalam sholatnya, maka dianggap rusak sholatnya.[6]
Sedangkan para ulama bersepakat bahwasanya tidak diberi pahala atas sholatmu kecuali sholat yang engkau sadari. Adapun sholat yang engkau jalankan dengan lupa meskipun secara dhahirnya sah namun batal menurut Allah[7]
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
3.      Cara Meraih Kekhusyukan Dalam Sholat
Beberapa factor yang dapat membantu seseorang untuk khusyu’ dalam melaksanakan sholat antara lain :
1.      hati yang ikhlas karena Allah
2.      ma’rifat kepada Allah SWT, hatinya mengagungkan Allah dan takut kepadanya
3.      mengetahui bahwa sholat itu merupakan pertemuan antara dirinya dengan Allah dan bermunajat kepadanya.
4.      Konsentrasinya hati dan anggota tubuh dari memikirkan selain Allah
5.      Tuma’ninah ( tenang ) dan tidak tergesa-gesa dalam sholat
6.      Sholat tepat pada waktunya[8]
Menurut  M Tholib Untuk dapat mencapai khusyu’ dalam Sholat, dirangkum dalam beberapa langkah, yakni
a.       bila lapar, makan lebih dahulu
b.      tidak menahan kencing, kentut dan buang air besar atau kecil.
c.       Tidak mengantuk
d.      Berpakaian baik dan bersih
e.       Melaksanakannya di awal waktu
f.       Tidak tergesa-gesa melakukan bacaan dan gerakan Sholat
g.      Menyadari bacaan yang di ucapkan[9]
Sedangkan menurut Ustad Abu Sangkan, ada Beberapa langkah menuju khusyu` :
1)            Heningkan pikiran agar rileks.
2)            Biarkan tubuh meluruh, agak dilemaskan, atau bersikap serileks mungkin
3)            Bangkitkan kesadaran diri bahwa anda sedang berhadapan dengan zat yang maha kuasa, yang meliputi segala sesuatu, yang hidup, yang maha suci dan maha agung
4)            Lakukanlah sholat dengan tuma`ninah dalam setiap gerakan. Jika dilakukan dengan benar, getaran jiwa akan menuntun fisik kita.



  1. KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sholat khusyu` adalah Hadirnya pikiran dalam perkataan dan perbuatan orang yang sedang melakukan pekerjaan sholat, mengetahui haknya Dzat yang ada dihadapannya dan dengan siapa ia bermunajat. Kemudian itu berlanjut hingga dapat menjadikan hatinya merendah dan tunduk sebagai pengakuan terhadap Dzat tersebut.
Shalat termasuk persoalan yang paling penting dalam agama dan merupakan dasar yang kuat bagi diterimanya seluruh amal kebaikan, karena ketaqwaan tidak lain merupakan hasil dari pelaksanaan shalat. Maka dari itu, shalat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dan dalam sholat pun, seseorang dalam meraih khusyu` itu berbeda-beda.
  1. PENUTUP
Demikian makalah yang dapat kami susun, apabila terdapat kekurangan-kekurangan baik dalam hal penulisan maupun penyajian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin
DAFTAR PUSTAKA

Al-Bikri, ’Ianatut Tholibin, Dar-Al Fikr, Bairut Lebanan 2005
Misa Abdu, Menjernihkan Bathin dengan Sholat Khusyu`, Mitra Pustaka, Jogjakarta, 2006
A. Syafi’I, Sholat yang Khusyu’, Remaja Rosda Karya, Bandung 1994
Nada Abu Ahmad, Sekhusyuk Shalat Nabi, Inas media, Klaten, 2007
Imam Kurdi, Tanwirul Qulub, Kharamain Jaya Indonesia
Imam musbikin, Rahasia Shalat, Mitra Pustaka, Yogyakarta 2006
Khalid Abu Syadzi, Karena Khusyu Begitu Indah,  Insan Kamil, Sukoharjo Jawa Tengah 2006


[1] Al-Bikri, ’Ianatut Tholibin, Dar-Al Fikr, Bairut Lebanan 2005 hal 29-30
[2] Misa Abdu, Menjernihkan Bathin dengan Sholat Khusyu`, Mitra Pustaka, Jogjakarta, 2006, hal 19-20
[3] A. Syafi’I, Sholat yang Khusyu’, Remaja Rosda Karya, Bandung 1994 hal. 2
[4] Nada Abu Ahmad, Sekhusyuk Shalat Nabi, Inas media, Klaten, 2007 hal 30
[5] Imam Kurdi, Tanwirul Qulub, Kharamain Jaya Indonesia, hal. 144
[6] Ibid hal. 145
[7] Opciit hal 145
[8] Opcit hal 63
[9] Imam musbikin, Rahasia Shalat, Mitra Pustaka, Yogyakarta 2006 hal 57

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar