SEMOGA BERMANFAAT...!!!. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon


A.PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET
  1. Internet
Internet berasal dari bahasa inter dan net, inter berarti antar dan net berarti jaring atau jaringan. Jadi, kata internet arti sempitnya adalah antar jaringan.
Dengan memanfaatkan jaringan internet, seseorang bisa bebas berkomunikasi atau bertukar informasi dengan sesama teman atau siapa saja, mulai dari surat menyurat, pertukaran data, sampai bermain game, musik, video dan masih banyak lagi.
Interconnected network atau yang lebih populer dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia atau kumpulan jaringan terkoneksi.
  1. Intranet
Intranet adalah jaringan komputer khusus yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu perusahaan atau organisasi sehingga terbentuk lingkungan seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan yang bersangkutan. Dengan kata lain Intranet adalah jaringan komputer yang bersifat lokal.
B. SEJARAH BERKEMNBANGNYA INTERNET
Sebelum internet ada, pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika telah menggunakan jaringan untuk penelitian militer di bidang Informasi dan telekomunikasi, Selanjutnya internet digunakan oleh kalangan akademis UCLA(University of California Los Angeles) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Pemerintah Amerika Serikat memberikan izin untuk dikomersialkan pada awal tahun 1990.
Teknologi internet yang berbasis komputer pada saat ini telah memberikan semua kemungkinan komunikasi manusia tanpa batas di seluruh dunia.
Internet akan menjadi suatu kebutuhan manusia pada masa mendatang. Teknologi internetr saat ini telah berkembang sedemikian rupa melalui berbagai lembaga, pelayanan jasa yang mengurusi atau memasukkan data apapun yang dibutuhkan manusia.
Saat ini para pengguna jasa layanan tersebut bisa mengembangkan jaringan bisnis melalui media komputer. Hubungan keberadaan komputer dan internet adalah merupakan tempat yang memfasilitasi berjuta-juta program, termasuk di dalamnya internet. Di Inggris telah dikembangkan sistem belajar jarak jauh melalui Universitas Terbuka (Open University), yang tidak lagi memerlukan kehadiran guru atau ruang belajar. Hanya dengan mengklik komputer, para mahasiswa di Universitas Terbuka di Inggris sudah dapat belajar mandiri. Jumlah pengguna internet saat ini, menurut beberapa pengamat , setiap host computer(komputer induk) mewakili tiga hingga sepuluh pengguna.
Berdasarkan data statistik, pertumbuhan internet di dunia dapat dilihat sebagai berikut:
1.  Pada akhir tahun 1994, sudah tiga juta host computer terkoneksi di internet
2.  Pada tahun 1995, diperkirakan sudah lebih dari tiga puluh juta orang menggunakan internet
3.  Pertumbuhan populasi naik 10 persen tiap bulan
4.  Pada tahun 1998 populasi pengguna naik menjadi delapan puluh juta orang
5.  Diperkirakan pada tahun 2010 semua orang akan terhubung ke internet
C.ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET
Istilah-istilah yang terdapat dalam internet adalah:
  1. Web, merupakan fasilitas dari internet yang dapat menampilkan data-data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya melalui internet
  2. World Wide Web (www), merupakan kumpulan penyedia layanan web di seluruh dunia yang dapat menyediakan data yang dapat digunakan secara bersama-sama
  3. Situs Web (web site) , merupakan sebuah alamat tertentu di www yang menyediakan informasi tertentu. Untuk membuka situs web, yaitu digunakan browser, Contoh situs web yang terkenal, misalnya http://www.yahoo.com
  4. Halaman web (web pages), merupakan elemen-elemen penyusun sebuah situs web. Diumpamakan seperti buku, halaman web merupakan lembaran-lembaran kertas penyusun buku tersebut. Jika membuka sebuah situs tersebut dinamakan halaman web.
D.KEGUNAAN INTERNET
Keuntungan menggunakan internet dalam smeua bidang (bisnis, akdemis, pemerintahan , organisasi, dan lainnya) antara lain:
    1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dna murah
    2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
    3. Sebagai media promosi
    4. Komunikasi Interaktif
    5. Sebagai alat dan penelitian pengembangan (research and development)
    6. Pertukaran data

A.    SISTEM JARIANGAN INTERNET/INTRANET
  1. Cara Kerja Internet
  2. Jaringan-jaringan di Internet
a.       Local Area Network (LAN)
Teknologi jaringan LAN terdiri atas beberapa jenis antara lain:
1.      Metode Access Ethernet
2.      Metode Access Token Ring
3.      Metode Access FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
b.      Wide Area Network (WAN)
c.       Jaringan Peer to Peer

B.     MENGENAL UKURAN KECEPATAN AKSES
1.  Ethernet
Ethernet pada awalnya dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Xerox.
2.  Power-Line Comunication
a.   Lewat Listrik
b.  Jalur Jaringan Setrum
c.   Mengkoneksikan PLC
1)      Langkah 1
Pasang kabel Power pada modem
2)      Langkah 2
Nyalakan komputer lalu klik Menu, Control Panel , Network, lalu klik kanan pada Local Area Network dan klik Properties. Selanjutnya arahkan kursor pada Internet Protocol(TCP/IP), dan klik properties
d.  Setrum Membawa Manfaat
Selain Internet, sejumlah aplikasi bisa dimanfaatkan melalui kabel listrik adalah:
1.      Telepon
2.      Rumah Pintar
3.      Sistem Pengaman rumah dengan kamera pendeteksi gerakan yang dikontrol komputer
4.      Informasi tagihan listrik, telepon atau lainnya yang bisa di-update dan ditampilkan secara online
3.  Wi-Fi
Jaringan wireless merupakan cara yang paling mudah untuk membagi koneksi internet dan akhirnya teknologi ini muncul ke rumah- rumah biasa.
4.                                                        Bluetooth
Bluetooth (teknologi tanpa kabel) adalah suatu standar yang dikembangkan oleh suatu kelompok pabrik elektronika yang mengijinkan peralatan elektronik macam apapun dari komputer dan telepon selular hingga keyboard dan headphone untuk membuat koneksi sendiri, tanpa kawat, kabel atau perangkat langsung pemakai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar